Senin, 16 April 2012

Teori Organisasi


Nama : Samira Dewi
Kelas : 1DB11
Npm  : 38111246

1.   Teori Organisasi


Teori organisasi merupakan teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi. Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi manjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang-orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.

Teori organisasi pertama kali muncul abad ke-19 karena pengaruh revolusi inggris. Secara umum teori organisasi merupakan rangkuman konsep, ikhtisar, tinjauan, dan pendapat yang berkaitan dengan metode pemecahan masalah organisasi agar mampu mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Secara garis besar, evolusi teori organisasi bisa dibedakan ke dalam tiga kelompok, yaitu :

a.    Teori Organisasi Klasik
Teori organisasi yang berkembang mulai aband ke-19 digolongkan ke dalam teori organisasi klasik atau disebut juga “teori tradisional” atau teori mesin.

b.    Teori Organisasi Neoklasik
Teori organisasi neoklasik member perhatian khusus pada aspek psikologis dan social pada diri anggota organisasi, baik sebagai individu maupun kelompok kerja.

c.    Teori Organisasi Modern
Teori organisasi modern dikenal dengan nama “analisis system” atau “teori terbuka” yang memandang organisasi sebagai satu kesatuan dari berbagai unsur yang saling bergantung.



Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar