Nama : Samira Dewi
Kelas : 1DB11
Npm : 38111246
1 Pengertian
Organisasi dan Metode
Istilah organisasi dapat diartikan
sebagai wadah, sekelompok manusia untuk saling bekerja sama, dan proses
pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien. Sedangkan istilah
metode tersebut berarti suatu tata kerja
yang dapat mencapai tujuan secara efisien. Pengertian organisasi dan metode
secara lengkap adalah rangkaian proses
kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan secara sumber
dan factor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mancapai tujuan yang sah ditetapkan. Dari pengertian tersebut terkandung
beberapa maksud yaitu :
·
Organisasi
dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
·
Organisasi
dan metode penting bagi kegiatan manajemen
·
Organisasi
dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
·
Organisasi
dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Organisasi
adalalah sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan
mempunyai manajemen. Dan setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas
dari 4 hal ini di antaranya yaitu :
·
Planing adalah perencanaan
·
Organization
adalah pengorganisasi
·
Actuniety
adalah penepatan sesuai prosedur
·
Controling
adalah pengawasan
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti
cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka metode
menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran
ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai
tujuan.
Adapun ciri-ciri dari Metode adalah :
·
Metode kualitatif cenderung subyektif dalam
menentukan masalah dan perumusan masalah dan dalam deskripsi lebih banyak
menggunakan data yang bersifat trend.
·
Menjabarkan suatu masalah pada rumusan itu.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar